Home » » 5 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Agar Tidak Punya Hutang

5 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Agar Tidak Punya Hutang

Unknown | 20.06 | 0 komentar
  1. Sisihkan minimal 10 persen dari penghasilan anda tiap bulan untuk ditabung dan 20% untuk investasi.
    Berapapun Pendapatan Anda, Sebaiknya Anda menyisihkan untuk menabung minimal 10% dari pendapatan dan 20% untuk investasi baru selebihnya untuk konsumsi. Investasi 20% bisa Anda wujudkan dalam bentuk asuransi, atau mungkin cicilan rumah atau kendaraan yang semuanya menunjang aktivitas Anda dan bila perlu ivestasi tersebut dimaksudkan untuk membuat pendapatan Anda bertambah. Jadi investasi membuat Anda mendapatkan penghasilan bukan menambah biaya.
  2. Buatlah daftar urutan pengeluaran bulanan
    Daftar pengeluaran bulanan sangat penting agar Anda tidak membelanjakan uang Anda untuk hal yang tidak perlu. Urutkan sesuai tanggal kapan Dana itu akan dikeluarkan.
  3. Isilah pos belanja Anda sesuai nominal yang yang dianggarkan
    Setelah Anda memperoleh penghasilan, apabila telah dikurangi untuk tabungan dan investasi, buatlah pos pos pengeluaran dengan menyediakan Amplop sesuai jumlah pos pengeluaran Anda. Tulislah nama-nama pos pengeluaran dan jumlah uang yang Anda Anggarkan pada bagian depan Amplop dan isikan nominalnya sesuai yang tertulis di Amlop. Misalnya Anda memiliki pos pengeluaran untuk tagihan kartu kredit, uang saku anak, tagihan motor, tagihan listrik, belanja gas, bayar sekolah anak, dana sosial, belanja bulanan, dll, semua harus masuk pada amplop masing-masing bila perlu lebih detail misalnya untuk belanja bulanan, Anda pisahkan Amplop Beras, Amplop Minyak Goreng, Amplop kebutuhan mandi, amplop bedak dan kosmetik dan lain sebagainya, dengan Anda berdidiplin hidup Anda akan lebih teratur. Dan apabila ada pos yang tidak Anda belanjakan semua di bulan itu, Anda masukkan ke tabungan atau Anda alokasikan untuk membeli peralatan atau perabotan untuk mengganti perabotan yang sudah tidak layak paki lagi.
  4.  Jika mendapatkan bonus pergunakan maksimal 50 persen dan sisanya ditabung.
    Mungkin ini sulit dan kelihatannya berlebihan tapi ini adalah cara cerdas agar Anda bisa terhindar dari hutang. Ketika kebanyakan orang mendapatkan bonus untuk bersenang-senang tapi Anda yang cerdas sebaiknya gunakan bonus untuk bersenang-senang setengahnya saja dan setengahnya dimasukkan tabungan, atau bagi Anda wanita cerdas, belanjakan bonus Anda untuk menambah koleksi perhiasan emas Anda jadi Anda juga bisa bersenang-senang tapi juga menabung. Bagi Anda kaum Bapak belikanlah puri Anda cincin emas baru, gelang emas, atau belikan putra Anda Hand phon baru dari bonus Anda, pastinya Anda juga menambahkan kebahagiaan buat keluarga.
  5. THR atau gaji ke 13 sebaiknya digunakan untuk menambah tabungan bukan sebaliknya, yaitu digunakan untuk keperluan yang tidak mendesak.
    Kebanyakan orang beranggapan THR atau Gaji 13 adalah gaji Ekstra, karena Anda juga masih terima gaji bulanan, apabila kebutuhan sehari-hari Anda sudah cukup dibiayai dengan gaji bulanan, kenapa Anda mesti menghamburkan uang lagi? Gunakanlah THR atau gaji 13 Anda untuk menambah tabungan sehingga tabungan semakin bertambah dan rencana-rencana besar Anda lebih cepat terwujud.

http://syaifulmaghsri.com/artikel-populer/5-cara-mengatur-keuangan-pribadi-agar-tidak-punya-hutang
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Masalah Usaha - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger